MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SOLUSI ALTERNATIF DUNIA PENDIDIKAN)
Keywords:
Manajemen, sekolah, pendidikanAbstract
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang ditawarkan sebagai bentuk operasional desentralisasi pendidikan akan memberikan wawasan baru terhadap sistem yang sedang berjalan selama ini. Hal ini diharapkan dapat membawa dampak terhadap peningkatan efisiensi dan efektifitas kinerja sekolah dengan menyediakan layanan pendidikan yang komprehensif dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat sekolah setempat. Peserta didik biasanya datang dari latar belakang yang berbeda, salah satu perhatian sekolah harus ditujukan pada asas pemerataan, baik dalam bidang sosial, ekonomi maupun politik. Sekolah juga harus meningkatkan efisiensi, partisipasi, mutu, serta bertanggung jawab kepada masyarakat dan pemerintah. Dengan kerjasama yang baik dari segala lini, memberikan peluang besar bagi dunia pendidikan di Indonesia untuk terus meningkatkan mutunya.
Downloads
References
Abu Duhou, Ibtisam, School Based Management, alih bahasa: Abbas al –Jauhari, Logos : Ciputat, 2002
Cangeni, Participative Management, Philosophical library : New York, 1964
Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Depdiknas: Jakarta, 2000
Dewan Perwakilan Rakyat, Undang-undang RI No 22 tahun 1999 tentang pemerintah daerah, DPR RI: Jakarta, 1999
Fattah, Nanang, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah, Pustaka Bani Qurais : Bandung, 2004
Hallinger, School based management and school effectiveness, Rautledge: London, 1993
Jane, David, Syinthesis of Research on-School Based Management, Educational leadership, 1989
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Rosdakarya : Bandung, 2005
Poernomo, Naskah 1: Butir-butir untuk memahami pengertian mengenai hal secara utuh dan benar, Bahan kuliah STIE Mitra Indonesia, 1997
Slamet, Menuju Pengelolaan Pendidikan Berbasis Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta, 2000
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Eduislamia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.